Cedera Jaringan Lunak

Standar

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah kegiatan follow up Diksar I Angkatan III untuk pekan ini kembali dilaksanakan pada hari Ahad, 24 Maret 2013. Cuaca hari ini juga cukup cerah, meskipun peserta yang hadir tidak sebanyak pekan-pekan sebelumnya tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat kami untuk menerima materi yang sangat bermanfaat.
Materi bumi kali ini dibawakan oleh dr. Arwi Amiruddin, beliau adalah dokter yang saat ini bertugas di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar. Cara penyampaian materi beliau sangat jelas dan beliau tidak segan-segan membagi ilmu kepada para peserta Diksar. Kami sangat antusias menerima materi karena membahas cara penanganan cedera yang biasa didapati setiap harinya di sekitar kita. Beliau juga menceritakan pengalaman beliau saat turun menjadi relawan pada peristiwa tsunami Aceh, beliau berpesan saat turun menjadi relawan jangan menjadi “wisatawan bencana” alias hanya foto-foto di tempat bencana.hmm…spakat dok! ^^d

berikut ini inti materi yang disampaikan oleh dr. Arwi…semoga bermanfaat

Cedera/ luka adalah kerusakan jaringan atau terputusnya jaringan. Cedera/ luka diseabkan oleh trauma, baik itu trauma benda tumpul ataupun trauma benda tajam. Jenis-jenis luka:
– Luka bakar
– Luka lecet (hanya pada permukaan kulit)
– Luka iris (lebar lukanya lebih besar daripada kedalamannya)
– Luka tusuk (kedalaman lukanya lebih besar daripada luasnya)
– Luka tembak
– Luka gigitan
– Luka robek (bentuknya ireguler dan dasarnya biasanya kotor)
– Luka cakar
– Luka memar
Jika menemukan korban maka yang harus kita lakukan adalah:
– Jangan panik dan tenangkan juga orang di sekitar kita
– Jika terjadi perdarahan maka cukup tekan saja lukanya dan bersihkan. 6-10 menit perdarahan akan berhenti karena adanya proses pembekuan darah, lebih cepat lagi jika menggunakan es. jangan dikit-dikit lukanya diusap..cz proses pembekuan darahnya bakal terganggu..
– Jika korban masih sadar maka tanyakan mekanisme traumanya serta riwayat penyakitnya. Hal ini akan sangat membantu, sekitar 60-70% dapat diketahui tindakan apa yang dapat kita lakukan terhadap korban.

Adapun penanganan jika trauma terjadi:
 Kepala
Jika korban mengalami trauma di daerah kepala maka darah yang keluar pasti banyak. Jangan panik, cukup balut tekan dan bersihkan. Cari tahu apakah mengalami pingsan atau muntah, jika iya maka harus diwaspadai adanya gangguan pada otaknya.
 Dada dan perut
Korban dengan trauma pada dada dan perut sering menipu, biasanya tidak ada luka serius yang terlihat dari luar tapi jaringan lunak (paru-paru, hati, limpa, dan jantung) yang ada di dalamnya ternyata mengalami gangguan. Trauma benda tajam di bagian dada dapat menyebabkan pneumothorax (adanya udara/darah di dalam paru-paru), hal ini dapat menyebabkan sesak nafas. Lebih parah lagi jika terjadi tension pneumothorax dimana nadi-nadi leher akan tegang dan trachea akan bergeser ke kiri, hal ini harus ditangani dengan cepat.
 Ekstremitas
Berikut luka yang biasanya dialami di daerah ekstremitas beserta penanganannya:
 Luka lecet
o Bersihkan luka
o Berikan antiseptik berupa betadine
o Jangan tutup luka dengan kapas atau kasa, sebab akan lengket dengan luka. Cukup balut dengan plester kasa yang berongga (Daryantulle, Lomatulle, dll)
 Luka iris/robek
o Bersihkan luka
o Gunakan antiseptik
o Berikan analgetik dan antibiotik
o Tutup luka
o Berikan suntikan anti tetanus (TT)
 Luka bakar
o Cuci luka dengan air yang mengalir agar tidak panas lagi dan luka bakarnya tidak bertambah luas
o Gunakan salep luka bakar seperti Mebo atau Burnazin
o Tutup luka
o Waspada jika luka bakar terjadi pada daerah wajah, biasanya terjadi trauma inhalasi selama 1-48 jam pertama dan ini dapat menyebabkan kematian karena adanya udem (pembengkakan di saluran nafas)

mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan tentang cedera jaringan lunak…semoga bermanfaat..^^d

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s